PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK

LESTARI, MARLINA AYU and Faisal, Emil El and Kurnisar, Kurnisar (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_ 87205_06051181320027_0021126802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
RAMA_ 87205_06051181320027_0021126802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 87205_06051181320027_0021126802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 87205_06051181320027_0021126802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 87205_06051181320027_0021126802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 87205_06051181320027_0021126802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 87205_06051181320027_0021126802_03.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis masalah pada materi sistem hukum dan peradilan di Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan atau sederajad yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan Hannafin and Peck. Validasi media dinilai melalui tiga ahli yakni ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Validasi materi termasuk kategori sangat valid dengan rerata 4.5, validasi media termasuk kategori valid dengan rerata 4.1 dan validasi bahasa termasuk kategori sangat valid dengan rerata 4.4. Untuk menilai kepraktisan menggunakan tahap one to one yang diujikan pada tiga orang siswa dengan rerata 4.1 termasuk kategori praktis dan tahap small group yag diujikan pada sembilan siswa dengan rerata 4.4 termasuk kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba multimedia pembelajaran berbasis masalah pada 33 siswa kelas XI mempunyai efek potensial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan tingkat motivasi belajar sebesar 72% termasuk dalam kategori motivasi tinggi, karena berdasarIcan kriteria interpretasi skor 60-80% adalah motivasi tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis masalah pada materi sistem hukum dan peradilan di Indonesia dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial bagi motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Multimedia InteraldifBerbasis Masalah, PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Mr. Afrizal Aziz
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:17
Last Modified: 01 Aug 2019 03:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item