JENIS TUMBUHAN YANG DIMANFAATKAN SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI DESA TEMPIRAI KABUPATEN PALI, SUMATERA SELATAN DAN SUMBANGANNYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

APRIANA, APRIANA and Dayat, Endang and Puspita, Tasmania (2015) JENIS TUMBUHAN YANG DIMANFAATKAN SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI DESA TEMPIRAI KABUPATEN PALI, SUMATERA SELATAN DAN SUMBANGANNYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_ 84205_06101009027_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (812kB) | Preview
[img] Text
RAMA_ 84205_06101009027_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84205_06101009027_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84205_06101009027_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84205_06101009027_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84205_06101009027_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84205_06101009027_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat di Desa Tempirai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi struktural dengan menggunakan pedoman wawancara. Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian, ditemukan 40 jenis tumbuhan yang tergolong ke dalam 37 marga, 26 suku, 19 bangsa, 9 anak kelas, 3 kelas dan 2 divisi tumbuhan. Bagian tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat adalah daun. Selain itu, dimanfaatkan juga buah, batang, akar, umbi, rimpang, biji dan bunga. Cara pengolahan yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara direbus. Pengolahan juga dilakukan dengan dimasak menjadi pepes atau dihaluskan dan diperas untuk diambil sarinya. Beberapa jenis tumbuhan langsung dimanfaatkan tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu, seperti langsung dimakan mentah, dioles, ditempel atau digosok. Jenis penyakit yang disembuhkan dengan memanfaatkan tumbuhan obat adalah penyakit kulit, sakit perut, sakit gigi, sariawan, sakit kepala, demam, masuk angin, malaria, luka karena duri ikan, luka setelah persalinan, gigitan serangga, batuk, patah tulang, sakit kuning, ambeien, muntaber, hipertensi dan ginjal. Data hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi siswa SMA kelas X dalam mempelajari materi pokok Plantae Kompetensi Dasar 3.7. Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi. Sumbangan diberikan dalam bentuk RPP, bahan ajar dan LKPD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tumbuhan obat, Desa Tempirai
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R728-733 Practice of medicine. Medical practice economics
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS160-167 Pharmacognosy. Pharmaceutical substances (Plant, animal, and inorganic)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 2682 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2019 04:38
Last Modified: 15 Nov 2019 04:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15858

Actions (login required)

View Item View Item