TANGGUNG JAWAB PROVIDER TELKOMSEL TERHADAP KASUS PAKET TALKMANIA (TM) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

KURNIA, MUHAMMAD ILHAM and Novera, Arfianna and Handayani, Sri (2019) TANGGUNG JAWAB PROVIDER TELKOMSEL TERHADAP KASUS PAKET TALKMANIA (TM) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74001_02011381520218.pdf] Text
RAMA_74001_02011381520218.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74001_02011381520218_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74001_02011381520218_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011381520218_0003115706_0007027001_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (681kB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Perlindungan konsumen merupakan tanggung jawab Pemerintah dan produsen (provider).Hal ini ditujukan agar konsumen dapat menerima haknya dengan penuh sesuai dengan informasi barang/jasa yang ditawarkan. Adapun yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini adalah Telkomsel diduga melakukan manipulasi dalam program Talkmania dengan tetap menarik pulsa pelanggan meski keutamaan dalam program itu tidak diberikan. Salah seorang warga di kota Medan, menyatakan bahwa dalam iklannya Telkomsel menjanjikan gratis menelepon ke sesama produk operator selular itu selama 5.400 detik atau 90 menit. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian mengenai paket Talkmania dengan ruang lingkup wilayahnya adalah Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris.Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa apabila terjadi masalah mengenai penggunaan atau pembelian paket Talkmania, pihak Telkomsel akan segera mencari permasalahan dan memperbaikinya, namun apabila terdapat kerugian yang dialami konsumen, pihak Telkomsel bertanggung jawab mengganti kerugian tersebut baik berupa paket Talkmania maupun sejumlah pulsa yang nilai nya sama dengan harga paket Talkmania tersebut. Mekanisme ganti rugi yang dilakukan oleh provider kepada konsumen apabila konsumen mengalami kerugian pada hakikatnya telah diatur pada Pasal 19 Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta jangka waktu ganti rugi adalah 7 (tujuh) hari setelah tanggal transaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Provider, Hak-Hak Konsumen, Perlindungan Konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Users 3029 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:05
Last Modified: 15 Nov 2019 07:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item View Item