IDENTIFIKASI MUTASI GEN Pfcrt PADA Plasmodium falciparum YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA RESISTENSI KLOROKUIN DI SUMATERA SELATAN

Handayani, Dwi (2013) IDENTIFIKASI MUTASI GEN Pfcrt PADA Plasmodium falciparum YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA RESISTENSI KLOROKUIN DI SUMATERA SELATAN. In: Seminar Bagian Parasitologi FK Unsri, 07-01-2013, Palembang. (Unpublished)

[thumbnail of Identifikasi Mutasi Gen Pfcrt]
Preview
Text (Identifikasi Mutasi Gen Pfcrt)
makalah-pfcrt1.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Kegagalan pengobatan menggunakan klorokuin sebagai lini pertama obat antimalaria telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Studi molekuler ini dilakukan untuk mengidentifikasi mutasi genetik dari isolat Plasmodium falciparum di Sumatera Selatan yang berhubungan dengan terjadinya resistensi pengobatan. Sebanyak 30 pasien diambil darahnya, kemudian dilakukan isolasi DNA, dan susunan nukleotida dari gen (P. falciparum chloroquine resistance transporter/pfcrt dianalisis dengan menggunakan polymerase chain reaction dan restriction fragment length polymorphism untuk mendeteksi adanya polimorfisme yang terkait dengan terjadinya resistensi. Hasil penelitian menunjukkan polimorfisme pada gen Pfcrt 76-Thr ditemukan pada semua isolat. Temuan ini menunjukkan pemakaian klorokuin di Sumatera Selatan sudah tidak adekuat lagi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pfcrt; klorokuin; Sumatera Selatan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11201-Medicine (S1)
Depositing User: dokter Dwi Handayani
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:21
Last Modified: 20 Nov 2019 04:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16680

Actions (login required)

View Item View Item