ANALISIS SOAL-SOAL BILANGAN PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 EDISI 2017 KELAS VII BERDASARKAN FRAMEWORK

ARISSANTI, LORENT AGUSTINA and Zulkardi, Zulkardi (2018) ANALISIS SOAL-SOAL BILANGAN PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 EDISI 2017 KELAS VII BERDASARKAN FRAMEWORK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_ 84202_ 06081181520004_0002046104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
RAMA_ 84202_ 06081181520004_0002046104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84202_ 06081181520004_0002046104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84202_ 06081181520004_0002046104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84202_ 06081181520004_0002046104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84202_ 06081181520004_0002046104_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 84202_ 06081181520004_0002046104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan soal-soal bilangan pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi 2017 kelas VII berdasarkan framework TIMSS 2015, ditinjau dari segi komposisi soal-soalnya. Objek dalam penelitian ini adalah soal-soal bilangan pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi 2017 kelas VII . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini soal-soal tersebut dianalisis secara bertahap berdasarkan framework TIMSS 2015, dengan validasi hasil oleh ahli selanjutnya dianalisis pula untuk melihat tingkat penggunaanya. Hasil penelitian menunjukkan dari semua soal bilangan pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi 2017 kelas VII berada pada dimensi kognitif knowing berdasarkan framework TIMSS 2015, diantaranya berada pada dimensi kognitif applying, dan sekitar diantaranya berada pada dimensi kognitif reasoning. Persentase tersebut belum memenuhi proporsi soal sebagaimana pada framework TIMSS 2015 untuk mendukung ketercapaian kompetensi dasar, yaitu untuk soal knowing, untuk soal applying, dan untuk soal reasoning. Dari hasil penelitian diketahui bahwa komposisi soal-soal bilangan pada buku teks matematika kurikulum 2013 edisi 2017 kelas VII dominan berada pada dimensi kognitif knowing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Framework TIMSS, Kurikulum 2013, Buku Teks, Bilangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Mr. Afrizal Aziz
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:24
Last Modified: 01 Aug 2019 08:24
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item