PENGEMBANGAN MODEL PENYELESAIAN SENGKETA HUBUNGAN INDUSTRIAL BERBASIS WIN WIN SOLUTION DI INDONESIA

Utama, Meria and Rasyid, Muhamad and Rani, Mahesa (2011) PENGEMBANGAN MODEL PENYELESAIAN SENGKETA HUBUNGAN INDUSTRIAL BERBASIS WIN WIN SOLUTION DI INDONESIA. Project Report. Fakultas Hukum Unsri, Fakultas Hukum Unsri. (Unpublished)

[thumbnail of COVER_WARNA_2.pdf]
Preview
Text
COVER_WARNA_2.pdf

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of COVER_REGISTRASI_2.pdf]
Preview
Text
COVER_REGISTRASI_2.pdf

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_5.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_5.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_6.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_6.pdf

Download (430kB) | Preview
Official URL: http://fh.unsri.ac.id/

Abstract

Hubungan antara pekerjaan dana pengusaha seringkali dlam prakteknya mengalami hambatan dan seringkali juga bisa menimbulkan konflik. Umumnya permasalahan yang terjadi adalah mengenai cuti, pemutusan hubungan kerja, tunjangan lembur yang apabila tidak ditanggulangi dengan serius dapat menyebabkan pertikaian yang semakin meruncing dan bisa berakibat fatal baik bagi pekerja maupun perusahaan sendiri. Selama ini hukum di Indonesia sebenarnya telah mengakomodir model penyelesaian sengketa ini dengan jalir bipartite ataupun tripartite, bahkan lembaga pengadilan pun turut berpartisipasi dalam menyelesaikan sengketa buruh yang terjadi selama ini. Namun cara ini kurang efektif karena pendekatan yang dilakukan sering kali merugikan salah satu pihak yang umumnya adalah pekerja. Sehingga dalam setiap pertikaian yang terjadi maka ujungnya adalah ketidakpuasan bagi pihak yang bertikai. Undang-undang juga mengakomodir bentuk penyelesaian sengketa yang lain yaitu melalui jalur ADR untuk mendapatkan hasil yang win-win yaitu sama-sama menguntungkan bagi pihak yang bertikai. Berdasarkan hasil penelitian maka bentuk yang sebenarnya dari metode ADR yang win-win ini yaitu negosiasi, mediasi bahkan arbitrase juga akan bisa effetif dan merepresantasikan keinginan dari para pihak akan tetapi bentuk mediasi adalah bentuk yang paling bentuk ideal dari penyelasaian sengketa hubungan industrial yang berbasis win-win solution dikarenakan para pihak yaitu pekerja yang bersengketa memiliki kesempatan untuk mengutarakan kepentingannya dan menjempatani pula kepentingan dari pengusaha sehingga outcome dari metode ini adalah penyelesaian yang sama-sama menguntungkan para pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Kampus Inderalaya Jalan Raya Palembang Prabumulih KM 32 Inderalaya Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30662 Tlp.0711-580063 Fax.0711-581179
Uncontrolled Keywords: Sengketa, Hubungan Industrial, adr, hukum perburuhan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: rasyid muhamad
Date Deposited: 22 Nov 2019 07:17
Last Modified: 22 Nov 2019 07:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17696

Actions (login required)

View Item View Item