PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE (PERTANYAAN MILIK SISWA) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN

MONICA, AMELIA TRIA and Irwanto, Dedi and Syarifudin, Syarifudin (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE (PERTANYAAN MILIK SISWA) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_02.pdf] Text
RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_03.pdf] Text
RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_04.pdf] Text
RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_05.pdf] Text
RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_06_ref.pdf] Text
RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_07_lamp.pdf] Text
RAMA_ 87201_ 06091004022_0025057304_NIDN2_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have(Pertanyaan Milik Siswa) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan”. Pada penelitian ini permasalahan yang akan dikaji adalah: (1) adakah pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have(Pertanyaan Milik Siswa) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan? (2) adakah perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan? dan (3) adakah interaksi strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have(Pertanyaan Milik Siswa) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan? Penelitian ini merupakan eksperimen dengan sampel penelitian adalah kelas XI.IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Anava Dua Jalur. Berdasarkan penelitian ini, nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa hasil observasi di kelas eksperimen sebesar 76,10% yang dikategorikan tinggi. Sedangkan untuk nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa hasil observasi di kelas kontrol sebesar 54,5% yang dikategorikan cukup. Kemudian untuk nilai ratarata keterampilan berpikir kritis siswa hasil tes di kelas eksperimen sebesar 73,24, sedangkan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa hasil tes di kelas kontrol sebesar 66,62. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Students Have(Pertanyaan Milik Siswa) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Students Have, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z124-228 History
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Users 2590 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:58
Last Modified: 27 Nov 2019 04:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17740

Actions (login required)

View Item View Item