STUDI MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

PUSPASARI, ANGGRAINI and Sudirman, Sudirman and Murniati, Murniati (2015) STUDI MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_02. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_03. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_04. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_05. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_84203_06111011011_0008066802_0028086203_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Self Regulated Learning (SRL). Penelitian ini dilaksanakan enam kali pertemuan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tanjung Raja pada pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpul data menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi. Angket digunakan untuk melihat gambaran motivasi belajar siswa yang terdiri dari lima indikator yaitu komponen nilai, komponen harapan, komponen afektif, strategi-strategi kognitif dan metakognitif, dan strategistrategi pengelolaan sumber pengetahuan. Untuk indikator komponen nilai motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 20,2 dengan kategori motivasi tinggi, indikator komponen harapan motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 29,9 dengan kategori motivasi tinggi, indikator komponen afektif motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebsar 3,8 dengan kategori motivasi sedang, indikator strategi-strategi kognitif dan metakognitif motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 38,2 dengan kategori tinggi, dan untuk indicator strategi-strategi pengelolaan sumber pengetahuan motivasi belajar siswa mempunyai skor rata-rata sebesar 27,2 dengan kategori motivasi tinggi. Sedangkan, lembar observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran SRL dan aktivitas siswa yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, monitoring, kontrol, dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh keterlaksanaan model pembelajaran self regulated learning terlaksana 89% dan observasi aktivitas siswa terlaksana 82%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Self Regulated Learning, Motivasi Belajar, Fluida Statis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-505 Motivation
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:21
Last Modified: 22 Nov 2019 02:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17791

Actions (login required)

View Item View Item