Pertimbangan Penegak Hukum dalam Pemberian Hak Rehabilitasi Bagi Anak Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Novianti, Vera (2013) Pertimbangan Penegak Hukum dalam Pemberian Hak Rehabilitasi Bagi Anak Pelaku Penyalahgunaan Narkoba. Discussion Paper. Fakultas Hukum Unsri, Fakultas Hukum Unsri. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER MAKALAH SEMINAR KENAIKAN PANGKAT)
COVER.jpeg.jpeg.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_1.jpeg.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_2.jpeg.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.jpeg.pdf

Download (765kB) | Preview
Official URL: http://fh.unsri.ac.id/

Abstract

Makalah ini dibuat dengan tujuan memberikan kerangka acuan untuk penegak hukum memberikan hak rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba khususnya pada anak pelaku penyalahguna narkoba. Sebagaimana diketahui bahwa anank merupakan generasi penerus bangsa yang seharusnya dilindungi. Perlindungan diberikan pada setiap bidang terutama perlindungan terhadap kejahatan yang terjadi. Berkaitan dengan masalah kejahatan anak sering kali dijadikan alat untuk tujuan melegalkan kejahatan tersebut. anak diposisikan sebagai pelaku namun sebenarnya anak diposisikan sebagai korban dari tindakan orang dewasa yang melakukan kejahatan. Hak rehabilitasi sendiri merupakan hak yang diberikan kepada penyalahguna narkotika dan zat adiktif lainnya. Untuk diberikan perawatan medis dan pengobatan untuk penyalahguna narkoba. Pemberian hak rehabilitasi sendiri diberikan oleh hakim dalam mempertimbangkan pengajuan rehabilitasi baik medis dan sosial. Dalam Undang- undang narkotika telah memuat hal tersebut namun dalam pelaksanaan dirasakan belum maksimalnya penggunaan hak rehabilitasi khususnya terhadap anak pelaku penyalahguna narkoba. Pemberian hak rehabilitasi sudah seharusnya diberikan setiap anak yang berkonflik dengan hukum terkait dengan masalah penggunaan narkoba. Implementasi penggunaanhak rehabilitasi belum sepenuhnya maksimal. Hakim lebih mngedepankan sanksi pidana penjara dibandingkan dengan hak yang seharusnya diperuntukkan bagi anak penyalahguna narkoba. Kata Kunci : Hak Rehabilitasi, Anak, Narkoba.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Additional Information: Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km.32 Inderalaya (OI),30662 Telepon (0711)580063 Faksimili (0711)581179, Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang,30139 Telepon (0711)354222 Faksimili (0711)320310
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: veranovianti vera
Date Deposited: 25 Nov 2019 06:53
Last Modified: 25 Nov 2019 06:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18078

Actions (login required)

View Item View Item