PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI 128 PALEMBANG MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING

OKTARIANI, ANITA PUTRI and Effendy, Umar and Puspita, Linda (2016) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI 128 PALEMBANG MELALUI MODEL PAIRED STORY TELLING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06121413044.pdf] Text
RAMA_86206_06121413044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121413044_0009031003_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06121413044_0009031003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06121413044_0009031003_02.pdf] Text
RAMA_86206_06121413044_0009031003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121413044_0009031003_03.pdf] Text
RAMA_86206_06121413044_0009031003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121413044_0009031003_04.pdf] Text
RAMA_86206_06121413044_0009031003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121413044_0009031003_05.pdf] Text
RAMA_86206_06121413044_0009031003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121413044_0009031003_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06121413044_0009031003_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121413044_0009031003_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06121413044_0009031003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri 128 Palembang menggunakan media Audio Visual melalui model pembelajaran Paired Story Telling. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan bertahap terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menyimak dan observasi. Indikator yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan siswa adalah apabila siswa memperoleh nilai 270 dan ketuntasan belajar klasikal 80”o. Berdasarkan data nilai keterampilan menyimak siswa persentase ketuntasan pada siklus 1 adalah 53Yo, pada siklus II persentase ketuntasan 73,3”9, kemudian pada siklus III persentase ketuntasan 86,6Y6, terlihat bahwa setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan. Peningkatan persentase ketuntasan siswa ini juga didukung dengan persentase keaktivan siswa. Pada siklus I 63,75Y9 (cukup), sedangkan pada siklus II persentase keaktivan rata-rata siswa menjadi 73,12”6 (baik), kemudian pada siklus III persentase keaktivan rata- rata siswa meningkat menjadi 81,04”6 (sangat baik). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media Audio Visual melalui model pembelajaran Paired Story Telling sangat mendukung dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga peneliti menyarankan agar media Audio Visual dan model pembelajaran Paired Story Telling agar diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak, Media Audio Visual, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:57
Last Modified: 25 Nov 2019 08:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18289

Actions (login required)

View Item View Item