HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

FIRMANSYAH, RONI and Safitri, Sani and Farida, Farida (2015) HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
RAMA_87201_06111004021_000108690 _ 0027096003 _01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAMA_87201_06111004021_000108690 _ 0027096003 _02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87201_06111004021_000108690 _ 0027096003 _03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87201_06111004021_000108690 _ 0027096003 _04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87201_06111004021_000108690 _ 0027096003 _05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87201_06111004021_000108690 _ 0027096003 _06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87201_06111004021_000108690 _ 0027096003 _07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Hubungan Positif Dan Signifikan Antara Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Tanjung Raja”. Tekhnik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI SMANegeri 1 Tanjung Raja tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 200 orang. Pada penelitian ini hanya terdiri dari satu sampel, yaitu kelas XI.IPS 2 yang diambil melalui random sampling. Kelas yang menjadi sampel diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi sederhana. Setelah data dianalisis didapatlah korelasi sebesar 0,99. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis untuk seluruh populasi dengan kriteria jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan didapatkan data kelas eksperimen yaitu α = 0,05, dk = n-2 = 32, sehingga didapat thitung = 4, dan ttabel = 2,036. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dibandingkan ttabel, maka Ho ditolak, dan Ha dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tanjung Raja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Group Investigation, hasil belajar peserta didik.
Subjects: L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 26 Nov 2019 03:49
Last Modified: 26 Nov 2019 03:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18406

Actions (login required)

View Item View Item