PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 PALEMBANG

CAHYANI, EUIS DEWI and Punomo, Mulyadi Eko and Heryana, Nandang (2016) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06111002028.pdf] Text
RAMA_88201_06111002028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_02.pdf] Text
RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_03.pdf] Text
RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_04.pdf] Text
RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_05.pdf] Text
RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_06_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_06_ref.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06111002028_0007015902_0004105903_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menggunakan model eksperimen semu dengan desain control group pre-test post-test. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 80 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan Cluster Random Sampling sehingga didapatlah rincian 40 siswa kelas X.6 sebagai kelompok eksperimen dan 40 siswa kelas X.7 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis karangan argumentasi. Teknik analisis data dengan statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal menulis karangan argumentasi kelompok kontrol 62,90 dan kelompok eksperimen 66,40. Nilai rata-rata tes akhir menulis karangan argumentasi kelompok kontrol 71,35 dan kelompok eksperimen 84,13. Siswa yang mencapai KKM pada kelompok eksperimen 40 siswa dan kelompok kontrol 13 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA Neegri 15 Palembang. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 9,449 > 1,665 dengan df = 78 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,05). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi " Ada perbedaan kemampuan menulis karangan argumentasi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dan siswa yang di ajar dengan menggunakan model konvensional‖ diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model, Learning Cycle 5E, Menulis Karangan Argumentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:27
Last Modified: 26 Nov 2019 04:27
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18428

Actions (login required)

View Item View Item