PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 INDRALAYA

HARTINI, RIKA and Susiloningsih, Esti and Laihat, Laihat (2016) PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_86206_06121013045_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAMA_86206_06121013045_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013045_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013045_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013045_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013045_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (99kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 05 Indralaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 05 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Design dengan rancangan Pretest Posttets Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 24 orang siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal dan bersifat homogen. Oleh karena itu hipotesis penelitian diuji dengan uji t dan diperoleh thitung = 3,521 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 2,015 sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu, ho ditolak dan ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 05 Indralaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKS berbasis eksperimen, hasil belajar, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 2590 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:51
Last Modified: 27 Nov 2019 06:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18475

Actions (login required)

View Item View Item