Pengembangan Modul IPA Berorientasi Framework Science Pisa Programme for International Student Assessment) pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Latusi, Anggriani/LA and Rahmi, Susanti/RS and Kodri, Madang/KM (2015) Pengembangan Modul IPA Berorientasi Framework Science Pisa Programme for International Student Assessment) pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. In: Seminar Nasional Pendidika Biologi-IPA, FKIP UNSRI, 14 November 2015, Palembang.

[thumbnail of LATUSHI.pdf]
Preview
Text
LATUSHI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA berorientasi framework science PISA pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk peserta didik kelas VIII sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Development Research) dan evaluasi formatif yang terbatas pada pengembangan produk, validasi produk, dan kepraktisan produk. Dari penelitian ini telah dapat dikembangkan sebuah modul yang sangat valid dan sangat praktis. Validasi modul IPA terhadap prototipe I diperoleh hasil yang sangat valid secara umum, yang meliputi validasi aspek materi yang sangat valid dengan nilai 4,00, aspek konstruk yang sangat valid dengan nilai 3,55, aspek PISA yang sangat valid dengan nilai 3,25, dan aspek bahasa yang valid dengan nilai 3,00. Pada uji coba tahap orang per orang terhadap prototipe I diperoleh hasil yang sangat praktis dengan nilai 3,56 dan uji coba kelompok kecil terhadap prototipe II diperoleh hasil yang sangat praktis dengan nilai 3,36.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul, framework science PISA, sistem ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr. Rahmi Susanti
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:17
Last Modified: 26 Nov 2019 07:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18493

Actions (login required)

View Item View Item