Pengaruh Penerapan Pembelajaran berbasis Masalah pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri*

Susanti, Rahmi (2013) Pengaruh Penerapan Pembelajaran berbasis Masalah pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri*. In: Seminar Kenaikan Jabatan dari Lektor ke Lektor Kepala pada Tingkat Fakultas-FKIP Unsri pada tanggal 08 Mei 2013, 08 Mei 2013, FKIP Universitas Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
Makalah_Seminar_Kenaikan_Jabatan.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian kuasi-eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan generik sains (KGS) mahasiswa pendidikan biologi FKIP Unsri melalui praktikum berbasis masalah pada topik fotosintesis dan respirasi. Penelitian ini melibatkan sebanyak 74 mahasiswa, semester empat (angkatan 2009/2010). Penelitian ini menggunakan non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda (30 soal). Data hasil penelitian dianalisis dengan paired sample t-test, Mann Whitney Test, dan Peningkatan KGS dianalisis dengan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan KGS, dengan nilai signifikansi p< 0,025. Peningkatan KGS termasuk dalam kategori sedang untuk KGS hubungan sebab akibat dan inferensi logika, sedangkan untuk KGS kesadaran akan skala besaran dan KGS pemodelan matematika termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah pada praktikum fotosintesis dan respirasi dapat meningkatkan kemamapuan generik sains mahasiswa pendidikan biologi FKIP Unsri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr. Rahmi Susanti
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:17
Last Modified: 26 Nov 2019 07:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item