UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS V SD NEGERI 147 PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

QUDRI, AFDHAL and Pulungan, Marwan and Laihat, Laihat (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS V SD NEGERI 147 PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_86206_06121413026_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
RAMA_86206_06121413026_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121413026_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121413026_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121413026_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121413026_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121413026_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb SD Negeri 147 Palembang pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan media audio visual. Subjek penelitian subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb SD Negeri 147 Palembang dengan jumlah 32 siswa dengan rincian 15 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Analisis data menggunakan teknik tes dan observasi. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 53.125%, pada siklus II menjadi 23 siswa atau 71.875%, dan pada siklus III menjadi 29 siswa atau 90.625%. Peningkatan persentase ketuntasan siswa ini juga didukung dengan persentase keaktifan siswa Pada siklus I siswa yang tergolong sangat aktif sebanyak 1 orang atau 3.12%, lalu siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar sebanyak 16 orang atau 50%. Pada siklus II siswa yang tergolong sangat aktif sebanyak 6 orang atau 18.75%, lalu siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar sebanyak 17 orang atau 53.125%. Pada siklus III siswa yang tergolong sangat aktif sebanyak 11 atau 34.375%, lalu siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar sebanyak 18 atau 56.25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi keterampilan menyimak dongeng siswa kelas Vb. Sehingga peneliti menyarankan agar media Audio Visual agar diterapkan diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Menyimak Dongeng Bahasa Indonesia.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN980-995 Fables
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:11
Last Modified: 26 Nov 2019 07:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18564

Actions (login required)

View Item View Item