UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 35 LAHAT KABUPATEN LAHAT MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING

WIDYANTI, MERRY and Asnimar, Asnimar and Susiloningsih, Esti (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 35 LAHAT KABUPATEN LAHAT MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_86206_06111013041_0003045602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (477kB) | Preview
[img] Text
RAMA_86206_06111013041_0003045602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06111013041_0003045602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06111013041_0003045602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06111013041_0003045602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06111013041_0003045602_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06111013041_0003045602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 35 Lahat Kabupaten Lahat melalui Teknik Braistorming yang di-laksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 35 Lahat yang berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar siswa sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata kelas 69,19, pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 77,78% dengan nilai rata-rata kelas 73,63, dan pada siklus III ketuntasan belajar siswa sebesar 92,60% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 83,56. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal yang sangat aktif dan aktif pada siklus I sebesar 59,26% dengan nilai rata-rata kelas 61,85. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,37% dengan nilai rata kelas sebesar 70,74. Selanjutnya pada siklus III meningkat menjadi 85,19% dengan nilai rata-rata kelas 85,19. Dari data yang terkumpul menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar dalam keterampilan berbicara pada siswa kelas IV di SD Negeri 35 Lahat Kabupaten Lahat setelah menggunakan Teknik Brainstorming.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, teknik Brainstorming, hasil belajar, hasil aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 2715 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:54
Last Modified: 29 Nov 2019 02:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18625

Actions (login required)

View Item View Item