PENGARUH METODE CALLA (THE COGNITIVE ACADEMIC LANGUAGE LEARNING APPROACH) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG

MEIRISKA, AYU and Punomo, Mulyadi Eko and Nurbaya, Nurbaya (2016) PENGARUH METODE CALLA (THE COGNITIVE ACADEMIC LANGUAGE LEARNING APPROACH) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06111002002.pdf] Text
RAMA_88201_06111002002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_02.pdf] Text
RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_03.pdf] Text
RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_04.pdf] Text
RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_05.pdf] Text
RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06111002002_0007015902_0015085406_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode CALLA terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Metode penelitan yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 44 siswa dengan perlakuan metode pembelajaran CALLA, dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 61,41 meningkat sebesar 25,14 menjadi 86,55 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol adalah 64,77 meningkat sebesar 18,87 menjadi 83,64 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menujukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 3,083 > 1,663 dengan df = 86 pada tingkat keberhasilan 95% ( = 0,05). Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan kemampuan memahami isi teks eksplanasi antara siswa yang diajar menggunakan metode CALLA dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CALLA berpengaruh terhadap kemampuan memahami isi teks eksplanasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, metode CALLA, teks eksplanasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:34
Last Modified: 27 Nov 2019 02:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18676

Actions (login required)

View Item View Item