PENGARUH METODE PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP N 6 GELUMBANG

AHMAD, AMIR and Nurhayati, Nurhayati and Utami, Sri (2015) PENGARUH METODE PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP N 6 GELUMBANG. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.

[thumbnail of RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_02.pdf] Text
RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_03.pdf] Text
RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_04.pdf] Text
RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_05.pdf] Text
RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06111002008 _ 0018076202 _0006125804_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PORPE terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gelumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dengan perlakuan metode pembelajaran PORPE, dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dengan perlakuan metode pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 45,67 meningkat sebesar 11,54 menjadi 57,21 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 40,06 meningkat sebesar 8,68 menjadi 48,74 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 2,514 > 1,997 dengan df = 66 pada tingkat keberhasilan 95% (=0.05). Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajar menggunakan metode PORPE dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PORPE berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gelumbang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, metode PORPE, memahami teks cerita pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:04
Last Modified: 28 Nov 2019 08:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19054

Actions (login required)

View Item View Item