PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG

AYU, PUTRI RATIH and Waluyati, Sri Artati and Kurnisar, Kurnisar (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (463kB)
[thumbnail of RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_02.pdf] Text
RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_03.pdf] Text
RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_04.pdf] Text
RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_05.pdf] Text
RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_06_lamp.pdf] Text
RAMA_ 87205_ 06121405009_0015116901_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn yang menggunakan metode pembelajaran aktif tife learning start with a question dengan metode pembelajaran the learning cell di SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design, dengan menggunakan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Maka sampel dalam penelitian ini adalah adalah kelas VIII.4 dan kelas VIII.3. Adapun teknik pengumpulan data yaitu Teknik dokumentasi, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis observasi rata-rata presentase keaktifan belajar siswa dikelas VIII.4 sebesar 72% dengan kategori aktif sedangkan hasil rata-rata presentase keaktifan belajar siswa dikelas VIII.3 sebesar 66% dengan kategori aktif. Kemudian teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu analisis data statistik parametris melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji independen sample t-test, dan hasil analisis diperoleh nilai sig sebesar .000 karena signifikansi .000 < .05 maka Ho di tolak dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn yang diajar menggunakan metode pembelajaran aktif tife learning start with a question lebih tinggi dibandingkan metode pembelajarn the learning cell di SMP Negeri 19 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar siswa, metode pembelajaran aktif tipe learning start with a question, metode pembelajaran the learning cell
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:24
Last Modified: 19 Jul 2019 04:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item