PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN RATA-RATA HITUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS VII

PUTRIA, ADITIN and Putri, Ratu Ilma Indra and INDRIANI, ENI (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN RATA-RATA HITUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS VII. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
RAMA_84202_06111008028_0011086901_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (138kB) | Preview
[img] Text
RAMA_84202_06111008028_0011086901_0025057802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84202_06111008028_0011086901_0025057802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84202_06111008028_0011086901_0025057802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84202_06111008028_0011086901_0025057802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (51kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pokok bahasan rata-rata hitung menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas VII.A SMP Negeri 1 Pangkalpinang. Proses pembelajaran, hasil belajar, dan penilaian hasil belajar yang dilakukan berpedoman pada kurikulum 2013. Hasil dan pembahasan menunjukkan (1) keaktifan siswa dalam proses belajar 65% berkategori baik, berdasarkan observasi aktivitas siswa saat proses menunjukkan siswa mendengarkan atau memperhatikan penjelasan guru dan teman dengan aktif, menyelesaikan masalah, membandingkan jawaban atau berdiskusi dengan teman, berani mengkomunikasikan ide, serta bertanya atau menangaapi pertanyaan teman/guru;(2) hasil belajar pada ranah sikap selama proses, pengetahuan, dan keterampilan unjuk kerja dari 33 orang siswa menunjukkan ketuntasan dengan persentase 100%. Hasil belajar pada ranah sikap selama proses pembelajaran menunjukkan siswa mencapai ketuntasan untuk sikap jujur dan tanggungjawab dalam kelompok dengan predikat Baik (B). Hasil belajar keterampilan unjuk kerja dinilai menggunakan instrumen skala penilaian (rating scale). Hasil belajar 33 siswa pada ranah pengetahuan menggunakan tes formatif sebagai instrumen penilaian pengetahuan memberikan umpan balik bagi usaha perbaikan kualitas pembelajaran di kelas, didukung dengan bahan ajar yang menghasilkan tiga strategi siswa dalam menyelesaikan masalah terkait rata-rata yaitu menggunakan rumus rata-rata, leveling, dan ‘tebak dan cek’ (guess and check).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rata-rata hitung, PMRI, Kurikulum 2013, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 06 Dec 2019 05:52
Last Modified: 06 Dec 2019 05:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20290

Actions (login required)

View Item View Item