PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 130 PALEMBANG MELALUI PERMAINAN BAHASA

SULTA, SARTIKA DWI and Hairuddin, Hairuddin and Pulungan, Marwan (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 130 PALEMBANG MELALUI PERMAINAN BAHASA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_ 86206_ 06091413044_0006034902_0003045602_ 01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (706kB) | Preview
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06091413044_ 0006034902_0003045602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06091413044_ 0006034902_0003045602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06091413044_0006034902_0003045602_ 04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06091413044_ 0006034902_0003045602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 86206_ 06091413044_0006034902_0003045602_ 06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (700kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 130 Palembang melalui permainan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar per siklus. Hasil penelitian berupa hasil belajar, yaitu: (1) pada prasiklus nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 42,1 dengan persentase ketuntasan adalah 17,5%; (2) pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,52 dengan persentase ketuntasan adalah 52,5%; (3) pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 61,45 dengan persentase ketuntasan adalah 65%; dan (4) pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,75 dengan persentase ketuntasan adalah 90%. Hasil penelitian berupa aktivitas siswa, yaitu: (1) pada siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 59,37 dengan persentase ketuntasan adalah 35%; (2) pada siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 72,37 dengan persentase ketuntasan adalah 72,5%; dan (3) pada siklus III nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 85,87 dengan persentase ketuntasan adalah 97,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan bahasa dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 130 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Intensif, Permainan Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 2704 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 05:11
Last Modified: 09 Dec 2019 05:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20417

Actions (login required)

View Item View Item