PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI I TANJUNG BATU

SURYANETA, IKA and Supriyadi, Supriyadi and Utami, Sri (2013) PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI I TANJUNG BATU. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_88201_06091002006_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Preview
[img] Text
RAMA_88201_06091002006_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_06091002006_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_06091002006_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_06091002006_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_88201_06091002006_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa kelasX SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain control group pre-test post-test. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.a dan X.b. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 76 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan purposive sample sehingga didapatlah rincian 38 siswa kelas X.b sebagai kelompok kontrol dan 38 siswa kelas X.a sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis argumentasi. Teknik analisis data dengan teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal menulis argumentasi kelompok kontrol 68,44 dan kelompok eksperimen 69,23. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 8,0 pada kelas kontrol 2 orang siswa, dan kelas eksperimen 2 orang siswa. Nilai rata-rata tes akhir menulis argumentasi kelompok kontrol 78,05 dan kelompok eksperimen 82,78. Siswa yang mencapai KKM pada kelompok eksperimen 34 orang siswa dan pada kelompok kontrol 23 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifakan terhadap kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thit > ttab atau 3,499 > 1,666 dengan df = 74 pada tingkat signifikansi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis argumentasi antara siswa yang diajar menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Menulis argumentasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC25-33 Self-education. Self-culture
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Users 2724 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:44
Last Modified: 09 Dec 2019 07:44
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20733

Actions (login required)

View Item View Item