PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDERALAYA UTARA

WULANDARI, HEVI and Sudirman, Sudirman and Murniati, Murniati (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDERALAYA UTARA. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _01-front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (670kB) | Preview
[img] Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika kelas X di SMAN 1 Inderalaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental Designs dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan di berikan perlakuan menggunakan model discovery learning, tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai sebanyak 8 soal untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat pretest adalah 38,03 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa saat posttest adalah 75,60. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 15,03 sedangkan ttabel = 1,67, terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika siswa kelas X SMA N 1 Inderalaya Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Kemampuan memecahkan masalah
Subjects: L Education > LA History of education > LA5-25 General
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 10 Dec 2019 07:31
Last Modified: 10 Dec 2019 07:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21031

Actions (login required)

View Item View Item