Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Inkuiri Sosial Pada Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNSRI

Deskoni, Deskoni (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Inkuiri Sosial Pada Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNSRI. Jurnal Forum SOSIAL, 6 (2). pp. 304-311. ISSN 1972-8681

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of PENINGKATAN...._PGSD.pdf]
Preview
Text
PENINGKATAN...._PGSD.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bahan masukan bagi dosen dan mahasiswa S1 PGSD FKIP Unsri untuk dapat digunakan dalam meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan kualitas keluaran S1 PGSD khususnya dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian, tindakan kelas, desain penelitian dengan model siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data digunakan dengan cara kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk portofolio, tes hasil belajar, dan hasil observasi. Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 PGSD FKIP Unsri Berasrama Semester 1, Matakuliah Konsep Dasar IPS yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran Konsep Dasar IPS dengan hasil belajar yang sangat memuaskan. Keaktifan mahasiswa dalam belajar cukup baik, yang ditunjukkan dengan semangat belajar yang tinggi. Manfaat yang diharapkan antara lain: (1) adanya peningkatan kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen; (2) meningkatnya pola berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah lingkungan alam yang berdampak pada kehidupan manusia yang dihadapi mahasisiwa sehari-hari; dan (3) dapat dimanfaatkan pula ketika mahasiswa akan menyusun skripsi nanti atau bila ingin menulis karya ilmiah lainnya setelah menjadi guru SD

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran IPS, Strategi Inkuiri Sosial
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Mr. Deskoni Deskoni
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:36
Last Modified: 11 Dec 2019 06:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21275

Actions (login required)

View Item View Item