PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG

AGUSMIN, MECY and AR, Rusmin and Deskoni, Deskoni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_87203_06121003019_0026085607_ 0001017402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (901kB) | Preview
[img] Text
RAMA_87203_06121003019_0026085607_ 0001017402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06121003019_0026085607_ 0001017402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06121003019_0026085607_ 0001017402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06121003019_0026085607_ 0001017402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06121003019_0026085607_ 0001017402_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06121003019_0026085607_ 0001017402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palembang. Adapun rumusan masalah yaitu “adakah pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palembang”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan desain pre-experimental design, dengan bentuk pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 19 Palembang. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu korelasi pearson product moment dan diperoleh ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palembang. Kendala dalam penelitian ini, beberapa peserta didik yang tidak berpartisipasi aktif dalam berdiskusi kelompok dan berdiskusi sering kali membahas hal lain yang tidak berhubungan dengan permasalahan yang diberikan oleh peneliti, selain itu saat menyampaikan pendapat antar kelompok sering kali terjadi adu pendapat karena mempertahankan pendapat masing-masing kelompok sehingga kelas menjadi tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC65-67.68 Economic aspects of education
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Users 2711 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 01:56
Last Modified: 12 Dec 2019 01:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21395

Actions (login required)

View Item View Item