Status Gizi Anak Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sungaililin

Thaha, M. Athuf (2015) Status Gizi Anak Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sungaililin. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 2 (1). ISSN 2406-7431

[thumbnail of Status_Gizi_Anak_Kelas_III_Sekolah_Dasar_Negeri_1_Sungaililin.pdf]
Preview
Text
Status_Gizi_Anak_Kelas_III_Sekolah_Dasar_Negeri_1_Sungaililin.pdf

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of Status_Gizi_Anak_Kelas_III_Sekolah_Dasar_Negeri_1_Sungaililin_2.pdf]
Preview
Text
Status_Gizi_Anak_Kelas_III_Sekolah_Dasar_Negeri_1_Sungaililin_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak masalah kesehatan yang terjadi pada anak sekolah dasar, tapi yang paling sering terjadi adalah masalah keseimbangan gizi. masalah gizi dapat ditunjang oleh beberapa faktor seperti umur, jenis kelamin, pendidikan orangtua, pekerjaan orang tua, dan pendapatan keluarga. penilaian status gizi secara antropometri dilakukan untuk mengetahui keadaan gizi anak, sehingga masalah gizi dapat ditatalaksana sesegera mungkin. Penelitian ini menggunakan rancangan survei deskriptif dengan studi cross sectional. Dari 151 siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sungaililin, diambil 122 siswa sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus 2013 sampai Januari 2014. Data dari orang tua siswa dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data status gizi mahasiswa dikumpulkan melalui penilaian antropometri yang sesuai dengan standar WHO 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 122 siswa, 94 siswa (77,0%) memiliki status normal gizi, 9 siswa (7,4%) gizi buruk, 9 siswa (7,4%) di gizi kurang, 8 siswa (6,6%) gizi lebih, dan hanya 2 siswa (1,6%) obesitas. Gizi buruk, gizi kurang, kelebihan gizi, dan obesitas masih ditemukan pada siswa sekolah dasar kelas III. Kata kunci: Status gizi, siswa kelas III, sekolah dasar, Sungaililin

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11201-Medicine (S1)
Depositing User: athuf thaha
Date Deposited: 27 Dec 2019 07:13
Last Modified: 27 Dec 2019 07:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22315

Actions (login required)

View Item View Item