IDENTIFIKASI KARAKTER DAN ORGANISASI DARI RUANG TERBUKA DAN BANGUNAN DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS SRIWIJAYA (KONEKTIVITAS, KOLEGIALITAS, KETERPADUAN DAN KONTEKS)

Husnul, Hidayat (2014) IDENTIFIKASI KARAKTER DAN ORGANISASI DARI RUANG TERBUKA DAN BANGUNAN DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS SRIWIJAYA (KONEKTIVITAS, KOLEGIALITAS, KETERPADUAN DAN KONTEKS). Project Report. LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN MUDA ?SATEKs? UNSRI 2014. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KARAKTER DAN ORGANISASI DARI RUANG TERBUKA DAN BANGUNAN DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS SRIWIJAYA (KONEKTIVITAS, KOLEGIALITAS, KETERPADUAN DAN KONTEKS) - LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN MUDA “SATEKs” UNSRI 2014)
IDENTIFIKASI_KARAKTER_DAN_ORGANISASI_DARI_RUANG_TERBUKA_DAN_BANGUNAN_DI_LINGKUNGAN_KAMPUS_UNIVERSITAS_SRIWIJAYA_(KONEKTIVITAS,_KOLEGIALITAS,_KETERPADUAN_DAN_KONTEKS).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Awal mulanya pembangunan gedung kampus UNSRI memiliki identitas dan karakter yang jelas dari segi organisasi ruang dan arsitektur bangunan. Namun, seiring perkembangan, bangunan-bangunan yang tumbuh tidak kontekstual dengan arsitektur kawasan. Ada dua kemungkinan hal tersebut terjadi : pertama, tidak adanya revisi/aturan yang konkrit mengenai arahan pengembangan kampus UNSRI, kedua ketidaktahuan pimpinan Fakultas mengenai aturan/arahan desain pengembangan kampus UNSRI. Untuk itu perlu dilakukan studi identifikasi terhadap karakter dan organisasi dari ruang terbuka dan bangunan di lingkungan kampus UNSRI dengan tujuan melihat karakter dari bagunan dan ruang terbuka dilingkungan kampus UNSRI. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif dengan observasi lapangan dan kajian pustaka. Hasil dari penelitian menunjukkan kampus UNSRI memiliki karakter yang unik dengan arsitektur bangunan bergaya limasan/sumatera selatan. Antar bangunan terkoneksi dengan cukup baik, walaupun belum terhubung dengan selasar-selasar yang nyaman.Pembangunan memudarkan karakter kampus yang sudah ada , baik itu dari segi arsitektur bangunan dan warna. Ruang terbuka pada lingkungan kampus UNSRI perlu ditata agar dapat difungsikan sebagai ruang komunal tempat interaksi/ruang belajar diluar ruangan. Untuk itu, perlu adanya arahan pembangunan fisik kampus yang jelas atau revisi terhadap masterplan fisik UNSRI agar pembangunan kedepan memiliki acuan baku dan ditaati oleh setiap fakultas dilingkungan Universitas Sriwijaya. Kata-kunci : arsitektur, bangunan, ruang terbuka, universitas sriwijaya

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA1-9428 Architecture
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: S.T., M.Sc Husnul Hidayat
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:39
Last Modified: 27 Dec 2019 08:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item