Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Perawatan Antenatal dengan Frekuensi Kunjungan di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Baung Palembang

Fitri, Eka Yulia (2013) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Perawatan Antenatal dengan Frekuensi Kunjungan di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Baung Palembang. In: Seminar Nasional Keperawatan Universitas Padjadjaran Bandung "Peningkatan Pelayanan Kesehatan pada Neonatus melalui Implementasi Developmental Care", 10 Oktober 2013, Bandung.

[thumbnail of prosiding_eka.pdf]
Preview
Text
prosiding_eka.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perawatan antenatal merupakan salah satu pilar dalam Safe Motherhood yang dicanangkan pemerintah agar AKI dapat menurun. Cakupan perawatan antenatal dapat dipantau melalui kunjungan baru ibu hamil (K1) dan perawatan ibu hamil sesuai standar paling sedikit 4 kali dengan distribusi satu kali pada trimester I, satu kali pada trimester I, satu kali pada trimester II dan dua kali pada trimester III (K4). Puskesmas Sei Baung mempunyai cakupan kunjungan antenatal K4 terendah di antara 36 puskesmas di Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang perawatan antenatal dengan frekuensi kunjungan di wilayah kerja Puskesmas Sei Banung Palembang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling sehingga didapatkan responden sebanyak 86 ibu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39,5% responden berpengetahuan buruk mengenai perawatan antenatal dan sebanyak 50% responden mempunyai sikap yang tidak mendukung terhadap kunjungan antenatal K4 serta terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan frekuensi kunjungan perawatan antenatal yang dilakukan oleh ibu hamil (p value= 0,000) dengan nilai OR hubungan sikap dengan frekuensi kunjungan 7,79 sehingga dapat diartikan bahwa responden dengan sikap yang tidak mendukung terhadap perawatan antenatal akan berisiko buruk frekuensi kunjungannya 7,79 kali dibandingkan dengan responden dengan sikap yang mendukung terhadap perawatan antenatal. Oleh karena itu penting bagi perawat untuk memberikan informasi dan meningkatkan kualitas pelayanan antenatal yang berorientasi pada pengetahuan, pemahaman dan perbaikan sikap ibu hamil dan masyarakat untuk menjalankan program pemeriksaan kehamilan secara teratur dan berkualitas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 14201-Nursing (S1)
Depositing User: Ns Eka Yulia Fitri
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:37
Last Modified: 27 Dec 2019 08:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22462

Actions (login required)

View Item View Item