Deteksi Resistensi Insektisida Sintetik Piretroid Pada Aedes aegypti (L.) Strain Palembang Menggunakan Teknik Polymerase Chain Reaction

Ghiffari, Ahmad and Fatimi, Humairo and Anwar, Chairil (2013) Deteksi Resistensi Insektisida Sintetik Piretroid Pada Aedes aegypti (L.) Strain Palembang Menggunakan Teknik Polymerase Chain Reaction. Aspirator, 5 (2). pp. 37-44.

[thumbnail of Deteksi_Resistensi_Insektisida_Sintetik_Piretroid.pdf]
Preview
Text
Deteksi_Resistensi_Insektisida_Sintetik_Piretroid.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Aedes aegypti merupakan vektor dari berbagai patogen, termasuk diantaranya virus dengue fever. Sebanyak 500 ribu kasus baru demam berdarah dengue (DBD) terjadi tiap tahunnya di seluruh dunia. Pengendalian nyamuk vektor merupakan cara efektif memutus rantai penularan DBD. Namun penggunaan satu jenis insektisida secara intensif dalam waktu lama terbukti menyebabkan resistensi. Resistensi Ae.aegypti terhadap insektisida awalnya terjadi pada dichloro diphenyl trichloroetane (DDT), lalu terhadap temefos kemudian sintetik piretroid. Tiga cara mendeteksi resistensi sintetik piretroid menurut WHO yaitu bioassay, biokimia dan molekuler. Deteksi biokimia yang pernah dilakukan di Palembang menunjukkan hasil negatif, tetapi kenyataan incidence rate DBD belum turun. Penelitian lebih lanjut menggunakan deteksi molekuler diperlukan untuk mengetahui mekanisme resistensi insektisida. Deteksi molekuler dapat mendeteksi mutasi pada gen enzim metabolisme dan gen target site insektisida, semisal pada voltage gated sodium channel (VGSC). Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi mutasi titik gen VGSC Val1016Ile dan Val1016Gly Aedes aegypti. Desain penelitian ini adalah berupa deskriptif laboratoris dengan uji molekuler. Populasi adalah seluruh larva instar III-IV Ae. aegypti yang berasal dari pembiakan telur yang diperoleh dari kelurahan-kelurahan di Kecamatan Bukit Kecil, Sukarami dan Ilir Timur I kota Palembang. Identifikasi larva dilakukan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang dan uji molekuler dilakukan di Departemen Mikrobiologi Klinik Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang dan BBLK Palembang. Hasil penelitian menunjukkan terjadi mutasi titik Val1016Ile serta tidak terjadi mutasi titik Val1016Gly gen VGSC. Disimpulkan terjadi mutasi titik Val1016Ile gen VGSC Ae.aegypti sebagai penanda resistensi yang bersifat target site atas sintetik piretroid di Palembang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aedes aegypti, resistensi insektisida, mutasi titik, target site, Val1016Ile
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11201-Medicine (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:05
Last Modified: 17 Jan 2020 03:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22580

Actions (login required)

View Item View Item