Telnologi Kolektor Pengering Surya Berlubang Tanpa Kaca Transparan Untuk Mengeringkan Daun Gaharu Menjadi Teh Gaharu

Bizzy, Irwin and Santoso, Budi and Kadir, Zahri (2013) Telnologi Kolektor Pengering Surya Berlubang Tanpa Kaca Transparan Untuk Mengeringkan Daun Gaharu Menjadi Teh Gaharu. Project Report. Lembaga Penelitian Unsri.

[thumbnail of 11_Teknologi_Kolektor_Pengering_Surya_Berlubang..Tahun_2013.pdf]
Preview
Text
11_Teknologi_Kolektor_Pengering_Surya_Berlubang..Tahun_2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan rancang bangun teknologi kolektor surya berlubang tanpa kaca transparan untuk mengeringkan daun gaharu menjadi teh gaharu untuk diterapkan kepada masyarakat pembudidaya pohon gaharu yang masih memakai teknologi pengering secara tradisional yang belum memenuhi standar kesehatan. Bukan itu saja, pengeringan yang dilakukan oleh masyarakat masih membutuhkan waktu pengeringan yang cukup Iama kurang lebih 27 hari dan masih berjamur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pengeringan dengan peralatan kolektor surya berlubang ini mampu menurunlan kadar air hingga 10% hanya dalam waktu 2+3 hari bila cuaca cerah tidak hujan dan tidak berawan atau matahari bersinar dengan radiasi matahari rata-rata yang datang ke permukaan > 500 Watt/m2 dan daun gaharu kering yang dihasilkan dalam keadaan bersih dan siap diproses lebih lanjut untuk dijadikan teh gaharu. Pengujian pelat kolektor surya berlubang datar berukuran 850 mm x 300 mm, diameter lubang 2,5 mm, jumlah lubarg 1.018 buah dengar sumber radiasi matahari dari lampu 300 Watt di dalam Wind Tunnel menghasilkan efisiensi kolektor dipengaruhi oleh kecepatan angin di atas permukaan pelat kolektor berlubang dan pelat diberi wama hitam lebih tinggi dibandingkan yang tidak diberi wama. Kecepatan angin yang besar akan mengurangi radiasi matahari yang datang ke permukaan kolektor sehingga udara panas yang diisap memiliki temperatur lebih rendah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General) > TA144 General works. Civil engineering, etc. Early to 1850
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Ir. Irwin Bizzy, M.T.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:52
Last Modified: 15 Jan 2020 06:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22674

Actions (login required)

View Item View Item