KEMAMPUAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY CALON GURU BIOLOGI PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESIONAL GURU (PPG) YANG BERLATAR BELAKANG BASIC SAINS PRA DAN POST WORKSHOP

Anwar, Yenny and Rustaman, Nuryani and Widodo, Ari (2012) KEMAMPUAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY CALON GURU BIOLOGI PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESIONAL GURU (PPG) YANG BERLATAR BELAKANG BASIC SAINS PRA DAN POST WORKSHOP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 1 (2). pp. 157-162. ISSN 2089-4392

[img]
Preview
Text
JPII_edit_2.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (520kB) | Preview
Official URL: http://www.unnes.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan/mendeskripsikan kemampuan Subjek Spesifik Pedagogi mahasiswa calon guru biologi yang mengikuti program Pendidikan Profesional Guru (PPG) angkatan 2012-2013 melalui pendekatan konsekutif. Mahasiswa calon guru ini merupakan mahasiswa yang berasal dari Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi yang telah menyelesaikan S1 Program Biologi Basic Science. Perkembangan ini diikuti selama satu tahun dengan menggunakan metode longitudinal study. Data dikoleksi melalui penggunaan tes membuat CoRes dan PaP-eRs tentang kemampuan subject specific dan pedagogy, teknik wawancara, observasi kemampuan mengajar dan analisis dokumen kurikulum, RPP yang mereka buat, video record serta catatan lapangan. Data hasil penelitian yang diperoleh melalui CoRes dan Pap-eRs pada materi transportasi zat setelah program berjalan selama 16 minggu, dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Proses pengumpulan data dan analisis data dilakukan secara intensif berkesinambungan melalui proses check and recheck, analisis dan re-analisis, sehingga diperoleh hasil perkembangan secara menyeluruh. Hasil sementara menunjukkan bahwa Kemampuan Subject Specific Pedagogy mahasiswa calon guru biologi yang berlatar belakang Biologi murni program Basic Science masih minim, dapat dilihat dari hasil CoRes dan PaP-eRs buatan mereka sebelum mengikuti workshop. Setelah workshop semester I diperoleh hasil yang menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Peningkatan kemampuan dapat dilihat dari hasil tes kedua yang dilakukan setelah calon guru mengikuti workshop pembuatan silabus dan RPP serta dari hasil tes ketiga setelah calon guru melakukan peer teaching.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PCK, PPG, SSP, Konsekutif, Biologi, Program Basic Science
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Yenny Anwar
Date Deposited: 02 Jan 2020 18:11
Last Modified: 02 Jan 2020 18:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22861

Actions (login required)

View Item View Item