Integrasi Manajemen Aliran Air Permukaan Dalam Perencanaan Tata Ruang Wilayah Kota Dan Regional

Dinar, Dwi Anugerah Putranto and Agus, Lestari Yuono and Sarino, Sarino and Juliana, IC (2017) Integrasi Manajemen Aliran Air Permukaan Dalam Perencanaan Tata Ruang Wilayah Kota Dan Regional. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Sriwijaya, Lembaga Penelitian.

[thumbnail of Author Penelitian Unggulan Kompetitif Universitas Sriwijaya.] Text (Author Penelitian Unggulan Kompetitif Universitas Sriwijaya.)
Laporan_Akhir_Kompetitif1_Dinar_Dwi_Anugerah_Putranto_dkk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan Pemanfaatan lahan yang begitu cepat, telah merubah pola-pola pengaliran aliran permukaan (run-off) pada wilayah sub sistem sungai yang ada di daerah perkotaan. Permasalahan limpasan air permukaan dan genangan (storm watter), dipengaruhi oleh beberapa faktor, selain masalah okupasi bantaran sungai, penimbunan rawa yang tidak sesuai, pengaruh pasang-surut sungai, juga disebabkan sedimentasi aliran sungai dari daerah hulu dan sungai-sungai kecil lainnya yang membentuk sub sistem sungai pada wilayah bersangkutan (Putranto, 2015). Kemampuan melakukan manajemen aliran permukaan, infiltarsi dan recovery sumberdaya air, semuanya mempunyai keterhubungan dengan manajemen penggunaan lahan. Dengan demikian keterkaitan antara sistem manajemen sumberdaya air dan penggunaan lahan sudah lama diabaikan, sebab air dan lahan biasanya dianggap sebagai sumberdaya yang terpisah yang ditangani oleh kelembagaan yang berbeda. Penelitian ini akan membahas isu spasial pada sistem aliran air permukaan dalam perencanaan tata ruang wilayah kota dan regional dengan menekankan integrasi antara aliran air permukaan (run-off) dan manajemen lahan. Integrasi antara manajemen lahan dan run-off dalam perencanaan tata ruang dianggap penting untuk menjaga keseimbangan antara pengembangan kota dan sistem manajemen sumberdaya air sehingga mencapai tujuan kota berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan analisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk menguji perubahan lahan terhadap besarnya aliran permukaan dengan lokasi kawasan Jakabaring, Kota Palembang. Analisis spasial dengan menggunakan perangkat lunak GIS akan dimanfaatkan untuk menganalisis besarnya run-off akibat perubahan pemanfaatan lahan secara spasial dan temporal. Tinggi permukaan air yang diperoleh dari data pasut pada setiap muara sungai dan pengukuran melintang sungai akan digunakan sebagai data masukan dalam menentukan tinggi permukaan air pada setiap sub DAS. Dari sini, model aliran tunak akan digunakan untuk menirukan perambatan gelombang banjir dari hulu setiap DAS, menuju muara sungai. Penelitian ini akan mempunyai keutamaan dalam mengurangi resiko banjir, melalui pendekatan non struktural, yaitu dengan peramalan banjir setiap perubahan alokasi lahan pada kawasan DAS.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: run-off, GIS, perubahan pemanfaatan lahan
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1-1066 Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: Dr. Ir. Dinar Dwi Anugerah Putranto
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:09
Last Modified: 03 Jan 2020 06:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22962

Actions (login required)

View Item View Item