Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Kado Pada Materi Perkalian Matriks di Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 4 OKU

Purnamasari, Diana Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Kado Pada Materi Perkalian Matriks di Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 4 OKU. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.

[thumbnail of Diana_Purnamasari.doc] Text
Diana_Purnamasari.doc

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan media KADO (Kartu Domino) matriks. Penelitian dilakukan terhadap 35 siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 4 OKU. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 54,3. Sedangkan pada siklus I sebesar 61,0 dan pada siklus II meningkat menjadi 75,0. Meningkatnya hasil belajar siswa juga diikuti dengan meningkatnya ketuntasan secara klasikal. Hal ini terlihat dari ketuntasan klasikal pada prasiklus sebesar 49%. Pada siklus I sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 86%. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 82,3% dari siklus I sebesar 75,4%. Berdasarkan hasil tersebut, penggunaan media KADO matriks telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 4 OKU. Untuk itu, media KADO matriks dapat dicoba untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran matiks berikutnya atau dapat juga dicobakan pada materi matematika lain.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Dr., S.Pd. Hapizah Hapizah
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:06
Last Modified: 07 Jan 2020 13:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23247

Actions (login required)

View Item View Item