ANALISIS KEMIRIPAN KOMUNITAS ARTROPODA PREDATOR PENGHUNI PERMUKAAN TANAH SAWAH RAWA LEBAK DI SUMATERA SELATAN DENGAN LAHAN PINGGIR DI SEKITARNYA

TA, Effendy and Herlinda, Siti and Irsan, Chandra and Thalib, Rosdah (2012) ANALISIS KEMIRIPAN KOMUNITAS ARTROPODA PREDATOR PENGHUNI PERMUKAAN TANAH SAWAH RAWA LEBAK DI SUMATERA SELATAN DENGAN LAHAN PINGGIR DI SEKITARNYA. Jurnal Entomologi Indonesia (JEI).

[thumbnail of Penerimaan abstrak peserta oral seminar PEI.]
Preview
Text (Penerimaan abstrak peserta oral seminar PEI.)
Surat_penerimaan_Effendy_TA._makalah.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Effendy_TA._makalah.doc] Text
Effendy_TA._makalah.doc

Download (187kB)

Abstract

Di Sumatera Selatan luas lahan rawa lebak 1,4 juta ha, 12% dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yaitu sawah dan perkebunan dan sisanya belum dikelola. Lahan pinggir tersebut dapat berfungsi sebagai reservoar musuh alami artropoda predator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemiripan komunitas artropoda predator penghuni permukaan tanah sawah rawa lebak dengan lahan pinggir disekitarnya. Penelitian dilakukan di Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kota Palembang Sumatera Selatan. Setiap lokasi diambil empat tipe ekosistem rawa lebak, yaitu pertanaman padi, semak-semak, ilalang, dan gulma berdaun lebar di sekitar pertanaman padi. Pengambilan sampel artropoda predator penghuni tanah menggunakan perangkap sumuran dilakukan sebanyak lima kali yaitu 15 hari sebelum tanam, tanaman padi berumur 1, 2, dan 3 bulan, serta 15 hari setelah panen. Hasil penelitian menunjukkan kelimpahan relatif artropoda predator di permukaan tanah pada ekosistem padi 95,03% dan pada ekosistem lahan pinggir 95,12-97,21%. Keanekaragaman spesies artropoda predator di permukaan tanah pada ekosistem padi dengan ekosistem lahan pingir menunjukkan kemiripan yang tinggi yaitu tingkat kemiripan 0,73-0,84. Habitat lahan pinggir pertanaman padi dapat menjadi penampung artropoda predator dan sumber musuh alami pada musim tanam padi berikutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: padi, rawa lebak, artropoda predator
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54295-Plant Protection (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:06
Last Modified: 07 Jan 2020 13:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23280

Actions (login required)

View Item View Item