PENGARUH MASASE KAKI DENGAN MINYAK ESENSIAL LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PENDERITA HIPERTENSI PRIMER USIA 45-59 TAHUN DI KELURAHAN TIMBANGAN KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR

Herliawati, Herliawati and Ramadhani, Rizkika PENGARUH MASASE KAKI DENGAN MINYAK ESENSIAL LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PENDERITA HIPERTENSI PRIMER USIA 45-59 TAHUN DI KELURAHAN TIMBANGAN KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR. ePrints UNSRI.

[thumbnail of makalah_untuk_seminar_nas_di_UNRI_21-22_okt_2011_a.n._herli.pdf]
Preview
Text
makalah_untuk_seminar_nas_di_UNRI_21-22_okt_2011_a.n._herli.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of makalah_untuk_seminar_nas_di_UNRI_21-22_okt_2011_a.n._herli.docx] Text
makalah_untuk_seminar_nas_di_UNRI_21-22_okt_2011_a.n._herli.docx

Download (67kB)

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit yang mendapat perhatian masyarakat mengingat dampak negatif yang ditimbulkannya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hipertensi juga merupakan penyakit degeneratif yang berkembang seiring dengan pertambahan usia. Masase dengan minyak aromaterapi merupakan terapi non farmakologis untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap dalam rentang yang dapat ditoleransi oleh tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masase kaki dengan minyak esensial lavender terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi primer usia 45-59 tahun di Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Desain yangdigunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental tanpa kelompok kontrol. Respondenberjumlah 9 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling . Masase dengan minyakesensial lavender dilakukan selama 15-20 menit setiap hari selama 7 hari. Data diperolehdengan mengukur tekanan darah sebelum dan sesudah intervensi lalu dicatat ke dalamlembar observasi tekanan darah,kemudian di analisa dengan uji statistik deskriptif dan bivariat. Berdasarkan hasil analisa data dengan uji paired t-test dan \ensuremathα=0,05 diketahui terdapat perbedaan penurunan tekanan darah yang signifikan antara sebelum dan sesudah masase kaki dengan minyak esensial lavender (sistolik: t=35,699 p=0,000; diastolik: t=14,882, p=0,000). Masase kaki dapat memperlancar aliran darah balik dari kaki menuju ke jantung. Efek relaksasi yang ditimbulkan saat masase semakin diperkuat oleh minyak esensial lavender. Dampak masase dengan minyak esensial lavender terhadap tubuh adalah stimulasi sistem saraf parasimpatis dan mengurangi ketegangan otot sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masase kaki dengan minyak esensial lavender berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah. Saran yang diajukan terkait dengan penelitian ini yaitu masase kaki dengan minyak esensial lavender dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk terapi alternatif untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Item Type: Article
Additional Information: Program Studi Ilmu Keperawatan FK Unsri Palembang
Uncontrolled Keywords: aromaterapi, hipertensi, kaki, lavender, masase
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 14201-Nursing (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 09 Jan 2020 12:13
Last Modified: 09 Jan 2020 12:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23480

Actions (login required)

View Item View Item