MAKSIMALISASI PANEN HUJAN UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH PADA BUDIDAYA PADI MT1 (NOVEMBER-FABRUARI) DILAHAN PASANG SURUT TIPOLOGI B/C DAERAH SUGIHAN KANAN

Imanudin, Momon Sodik MAKSIMALISASI PANEN HUJAN UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH PADA BUDIDAYA PADI MT1 (NOVEMBER-FABRUARI) DILAHAN PASANG SURUT TIPOLOGI B/C DAERAH SUGIHAN KANAN. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Lahan Suboptimal Oktober 2017.

[thumbnail of Panen hujan di rawa pasang surut]
Preview
Text (Panen hujan di rawa pasang surut)
Full-PAPER_Momon_dkk_Suboptimal_2017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan budidadaya tanaman padi di lahan reklamasi pasang surut tipologi C/B adalah keterbatasan air bersih untuk suplai air tanaman padi. Daerah Sugihan Kanan adalah rawa pasang surut dengan produktivitas lahan yang masih rendah, dimana produksi padi masih dibawah 3 ton/ha. Kondisi ini disebabkan karena kecukupan air bersih tidak terseida untuk tanaman padi, akibat air di saluran tersier berkualitas buruk. Penelitian bertujuan untuk menemukan teknik penyediaan air bersih untuk budidaya padi di musim tanam periode November-Februari. Metode penelitian adalah pengkajian lapangan. Hasil kajian lapangan menunjukan bahwa metode penahanan air hujan semaksimal mungkin di saluran tersier merupakan langkah tepat untuk menyediakkan air dengan kualitas bagus. Operasi pintu air selain menahan air hujan juga bertujuan untuk menahan air pasang dari sekunder masuk ke lahan. Sehingga kualitas air buruk dari luar tidak masuk ke lahan. Dengan sistem ini maka air hujan bisa ditahan dilahan dan mampu menaikan muka air tanah. Dari operasi ini muka air bisa tersedia sepanjang petumbuhan tanaman padi, dan hasil budidaya padi pada periode ini menunjukan peningkatan produksi dari rata-rata 2,5 ton/ha menjadi 3-3,5 ton/ha.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Depositing User: Dr Momon Sodik Imanudin
Date Deposited: 14 Jan 2020 01:56
Last Modified: 14 Jan 2020 01:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23941

Actions (login required)

View Item View Item