PENINGKATAN JARINGAN TATA AIR UNTUK MENDUKUNG PERCEPATAN WAKTU TANAM DILAHAN RAWA PASANG SURUT DELTA TELANG II KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Imanudin, Momon Sodik and Susanto, Robiyanto Hendro and Bakri, Bakri PENINGKATAN JARINGAN TATA AIR UNTUK MENDUKUNG PERCEPATAN WAKTU TANAM DILAHAN RAWA PASANG SURUT DELTA TELANG II KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Prosiding Seminar Nasional PERTETA Bandung 6-8 Desember 2011.

[thumbnail of Artik003-2011.pdf]
Preview
Text
Artik003-2011.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Indek pertanaman di lahan rawa pasang surut delta Telang II baru 100% (satu kali tanam), kondisi ini disebabkan karena infrastruktur jaringan tata air belum memadai, sehingga ketergenangan lahan masih tinggi pada saat musim tanam tiba. Keterlambatan musim tanam menyebabkan hilangnya kesempatan tanam kedua. Penelitian bertujuan untuk mengkaji kebutuhan infrastruktur peningkatan jaringan tata air dalam upaya peningkatan indek pertanaman. Metode penelitian adalah kaji terap dilapangan. Hasil pengkajian dan ujicoba lapangan menunjukan bahwa peningkatan jaringan melalui rehab saluran sekunder, tersier, dan pemasangan pintu air di tersier mampu mengendalikan muka air tanah di petak tersier. Kedalaman muka air tanah bisa diturunkan dan akibatnya petani bisa melakukan pengolahan tanah lebih cepat sehingga waktu tanam padi bisa dilaukan di bulan November. Percepatan waktu tanam ini berpeluang petani tanam padi dua kali, dan bahkan pada musim kemarau bepotensi tanam ke tiga untuk tanaman palawija. Aplikasi pintu air tipe kelep di saluran tersier efektif menahan air pasang dan mengeluarkan air pada saat surut secara otamatis. Dari kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa rekomendasi peningkatan jaringan di daearh Telang II adalah rehabilitasi rutin saluran sekunder, tersier dan pemasangan pintu air di dua sisi SPD (supai) dan SDU (pembuangan)

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54294-Soil Science (S1)
Depositing User: Dr Momon Sodik Imanudin
Date Deposited: 14 Jan 2020 01:56
Last Modified: 14 Jan 2020 01:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23946

Actions (login required)

View Item View Item