Perancangan Sistem Monitioring dan Komunikasi Wireless Kualitas Air dan Ketersediaan Makanan Ikan

Irmawan, Irmawan and Rizki, Kurniawan and Muchlas, Albaridin Perancangan Sistem Monitioring dan Komunikasi Wireless Kualitas Air dan Ketersediaan Makanan Ikan. In: AVOER 8, 19-20 OKTOBER 2016, Palembang.

[thumbnail of AVOER_8_2016_IRMAWAN.pdf]
Preview
Text
AVOER_8_2016_IRMAWAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini merancang komunikasi wireless pada sistem prototipe monitoring kualitas air dan ketersediaan makanan ikan, sebagai implementasi penerapan teknologi komunikasi khususnya yang berbasis SMS gateway. Desain dari perancangan prototype ini menggunakan mikrokontroller ATmega 8535 untuk mengatur semua sistem kerja secara keseluruhan dari alat prototype ini. Menggunakan beberapa sensor yaitu sensor ultrasonik (HC-SR) untuk mengukur ketinggian debit air dan sensor pH untuk mengetahui kondisi keasaman air. Penggunaam modem wavecom berfungsi sebagai perangkat atau alat untuk pengirim dan penerima pesan SMS yang digunakan pada prototipe ini, komunikasi SPI (Serial Peripheral Interface) pada penelitian ini berjalan dengan baik, dari pengujian yang telah dilakukan untuk pengiriman SMS. Sensor pH digunakan untuk mengetahui tingkat keasaman air di akuarium, bila nilai pH 4 maka secara otomatis akan memberikan perintah pada pompa kuras untuk aktif. Untuk menjaga level ketinggian air digunakan sensor HCSR sebagai alat kontrol untuk memberi perintah kepada pompa mengisi air sampai ketinggian yang ditentukan. Bila level ketinggian air di dalam akuarium terbaca oleh sensor HC-SR setinggi 3 cm, maka akan memberikan perintah ke pompa untuk mengisi air sampai ketinggian air 17 cm dan akan mengirimkan pesan sms bahwa ?pengisian air selesai?. Motor servo digunakan untuk mengontrol makanan yang disuplai, supaya dapat mengetahui makanan yang tersedia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: Users 4271 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 09:57
Last Modified: 14 Jan 2020 09:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23977

Actions (login required)

View Item View Item