ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN PESERTA ASKES DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH YOWARI KABUPATEN JAYAPURA

Ramandey, Lazarus ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN PESERTA ASKES DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH YOWARI KABUPATEN JAYAPURA. ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN PESERTA ASKES DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH YOWARI KABUPATEN JAYAPURA.

[thumbnail of ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN PESERTA ASKES DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH YOWARI KABUPATEN JAYAPURA.] Text (ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN PESERTA ASKES DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH YOWARI KABUPATEN JAYAPURA.)
ANALISIS_PROSEDUR_PELAYANAN_PESERTA_ASKES_DI_RUMAH__SAKIT_UMUM_DAERAH_YOWARI_KABUPATEN_JAYAPURA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (575kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) Yowari Kabupaten Jayapura sebagai salah satu sentral pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Kabupaten Selayar pada umumnya dengan tetap memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas untuk jaminan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna pelayanan kesehatan. Namun masih banyak dari kalangan masyarakat yang masih mengeluhkan kinerja dan pelayanan petugas di Rumah Sakit baik pasien umum atau pasien dengan Asuransi (Askes). Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Yowari Kabupaten mulai tanggal 02 September 2016 ? 15 November 2016. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam pada pasien, perawat dan dokter tentang prosedur pelayanan pasien Askes. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk mengetahui gambaran efektivitas prosedur pelayanan peserta Askes di Rumah Sakit Umum Daerah YowariKabupaten Jayapura. Prosedur pelayanan yang diteliti adalah prosedur penerimaan pelayanan, prosedur pemeriksaan dokter, pelayanan perawat dan pelayanan petugas obat. Informan dalam penelitian ini adalah terdiri informan biasa yaitu pasien rawat inap atau keluarga pasien peserta kartu Askes di ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah YowariKabupaten Jayapura. Informan kunci adalah petugas yaitu dokter, perawat, petugas di bagian obat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pada umumnya pasien menginginkan pelayanan yang mengurangi gejala penyakitnya secara efektif dan mencegah penyakitnya bertambah parah, sehingga mereka dapat sembuh dan dapat melaksanakan tugas sehari-hari tanpa gangguan fisik. Sedangkan pelayanan kesehatan dari sudut pandang petugas kesehatan adalah bebas melakukan segala sesuatu secara profesional untuk meningkatkan derajat kesehatan pasien dan masyarakat sesuai dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang maju, mutu peralatan yang baik dan memenuhi standar yang baik. Jika pelayanan yang diberikan dokter sudah sesuai prosedur, maka pasien akan merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Pasien merasa bahwa petugas telah melakukan tugasnya sesuai standar prosedur dengan cepat dan tepat. Ketepatan waktu dokter memeriksa pasien sesuai dengan prosedur akan mempercepat kesembuhan pasien. Hal ini disebabakan dokter melakukan tahap demi tahap pelayanan yaitu mulai pemeriksaan hingga pemberian resep sesuai dengan diagnosa penyakit pasien sehingga pasien akan cepat sembuh. Prosedur pelayanan perawat di ruang rawat inap rumah sakit sangat banyak. Hal ini disebabkan perawat yang harus memantau kondisi pasien 24 jam. Dokter hanya diperlukan jika kondisi pasien gawat diluar waktu pemeriksaan rutin mereka. Petugas obat telah melakukan prosedur pelayanan sesuai standar yaitu menyiapkan sediaan farmasi dan alat kesehatan sesuai dengan permintaan pada resep yang telah diberikan, menghitung kesesuaian dosis dan tidak melebihi dosis maksimum, mengambil obat dan pembawanya, menutup kembali wadah obat setelah pengambilan dan mengembalikan ke tempat semula, mencatat pengeluaran obat pada kartu stok, melakukan pemeriksaan akhir sebelum dilakukan penyerahan, memanggil nama pasien, memeriksa identitas, menyerahkan obat yang disertai pemberian informasi obat, meminta pasien untuk mengulang informasi yang telah disampaikan dan menyimpan resep pada tempatnya dan mendokumentasikan. Kesimpulan penelitian ini adalah Pertama Prosedur pelayanan dokter meliputi saat berkunjung ke pasien maka dokter melakukan wawancara atau anamnese kepada pasien untuk mengetahui kondisi pasien, kemudian melakukan pemeriksaan fisik terhadap pasien, sehingga dapat menegakkan diagnosa penyakit, memberikan informasi kondisi penyakit pada keluarga pasien dan memberikan resep sesuai dengan diagnosis penyakit pasien. Kedua, Perawat melakukanpelayanankeperawatan kepada pasien baik dengan memeriksa kondisi fisik pasien. Perawat juga memberikan pelayanan seperti penataan tempat tidur, dan melakukan tugas-tugas administrasi berupa penulisan rekam medis. Ketiga Pelayanan petugas obat adalah memberikan obat sesuai yang diresepkan dokter dan apoteker menganalisa secara kefarmasian. Obat adalah bahan berkhasiat dengan nama generik. Petugas menuliskan dosis obat dan diberikan ke pasien. Sedangkan langkah-langkah penyempurnaan meliputi : Pertama Agar perawat dan dokter memberikan pelayanan sesuai standar prosedur pelayanan, melakukan pemeriksaan tepat waktu dan bersikap ramah dan sopan. Kedua Pihak rumah sakit membuat kotak saran untuk menampung aspirasi, tanggapan dan keluhan pasien agar kepuasan pasiendapat dievaluasi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Lazarus Ramandey
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:42
Last Modified: 14 Jan 2020 08:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24029

Actions (login required)

View Item View Item