Pembelajaran perubahan konseptual: pilihan penulisan skripsi mahasiswa

Syuhendri, Syuhendri (2010) Pembelajaran perubahan konseptual: pilihan penulisan skripsi mahasiswa. Forum MIPA, 13 (2). pp. 133-140. ISSN 1410-1262

[thumbnail of Pembelajaran_Perubahan_..._Forum_MIPA_Vol13_No2_th2010.pdf]
Preview
Text
Pembelajaran_Perubahan_..._Forum_MIPA_Vol13_No2_th2010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Topik skripsi mahasiswa perlu disejajarkan dan berada pada barisan terdepan bersama penelitian dari kawasan lain. Tulisan ini memberikan tawaran altematif, yaitu pada domain perubahan konseptual. Perubahan konseptual merupakan proses mendasar mengganti konsepsi lama dengan konsepsi baru, melalui (1) remidiasi miskonsepsi, atau (2) meluruskan konsepsi yang kurang tepat. Kondisi prakonsepsi yang kurang menguntungkan itu bersifat resistan dan menghambat akuisisi pengetahuan selanjutnya, sehingga memerlukan strategi pembelajaran yang diperuntukkan khusus baginya. Kreatifitas berada pada celah ini, yaitu mencarikan berbagai kiat agar berlangsungnya perubahan konseptual pada pembelajar. Ada empat syarat agar terwujudnya perubahan konseptual; ketidakpuasan, plausible, intelligible, dan fruitful. Syarat tersebut berakar pida toeri perkembangan kognisi, yaitu proses asimilasi dan akomodasi dalam pertumbuhan dan perkembangan schemata (konsep). Para ahli telah menurunkan berbagai strategi seperti penggunaan analogi, bridging analogy, teks perubahan konseptual, substitusi konsep, modifikasi siklus belajar, Continuous Computer Assisted Activation (CONTAC 2), constrastive teaching, Predict-Observe-Explain (POE) dan sebagainya. Masing-masing strategi sedang berkembang dan punya kelebihan serta kelemahan sehingga menarik untuk dikaji lebih mendalam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, perubahan konseptual, analogi, teks perubahan konseptual, substitusi konsep
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:17
Last Modified: 15 Jan 2020 08:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24199

Actions (login required)

View Item View Item