Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah IPBA

Taufiq, Taufiq and Syuhendri, Syuhendri (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah IPBA. Project Report. FKIP Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan_Penelitian_Taufiq,_Syuhendri_2010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah IPBA, melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk uraian terbatas, observasi, dan angket. Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Ilmu Pengetahuan Bumi Antariksa (IPBA) yaitu dari 71,7 menjadi 86,5, serta terdapat peningkatan rata-rata keterampilan berpikir kreatif mahasiswa setiap indikator yaitu pada Keterampilan berpikir lancar (Fluency) sebesar 12,3 menjadi 14,2 (meningkat 12,5%), keterampilan berpikir luwes (Flexibility) pada siklus I sebesar 23,1 menjadi 28,5 atau (meningkat 15,5%), Kemampuan merinci (Elaboration/K.Mr) pada akhir siklus I sebesar 22,7 menjadi 26,5 (meningkat 12,5%) dan kemampuan menilai (Evaluation/K.Mn) dari 13,5 menjadi 17,3 (meningkat sebesar 18,8%). Berdasarkan hasil penelitian ini model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat digunakan oleh doesn sebagai salah satu model alternatif dalam pembelajaran fisika, terutama yang menekankan pada peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa khususnya pada mata kuliah IPBA.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:18
Last Modified: 15 Jan 2020 08:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24200

Actions (login required)

View Item View Item