Pengembangan hiperteks akademik untuk pembelajaran lanjut: tinjauan dari perspektif konstruktivisme

Syuhendri, Syuhendri and Siregar, Nelson (2004) Pengembangan hiperteks akademik untuk pembelajaran lanjut: tinjauan dari perspektif konstruktivisme. Forum Kependidikan, 23 (2). pp. 172-188. ISSN 0215-9392

[img]
Preview
Text
Pengembangan_Hiperteks_.._Forum_Kependidikan_Vol_23_No_2_tahun_2004.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Interpretasi konstruktivisme pada persoalan kognisi dan psikologi pendidikan yang ditekankan pada proses retrievel tidak bermasalah untuk pembelajaran dasar. Untuk pembelajaran lanjut, yang ranah pengetahuannya bersifat ill-structured dan ranah substansinya bersifat case to case irregularity, proses seperti ini tidak memadai lagi. Pembelajaran lanjut yang bertujuan menguasai elemen-elemen penting pengetahuan dan kemampuan menerapkannya pada situasi baru yang berbeda menuntut fleksibilitas kognisi. Instruksional dengan hiperteks dipandang dapat menjembatani ini karena sifat random access-nya sejalan dengan fleksibilitas kognisi. Namun kondisi hiperteks under-use saat ini menghambat pemanfaatannya. Berdasarkan kajian, hipeteks yang dikembangkan berdasarkan wacana argumentatif mampu menampilkan proses membangun pengetahuan secara lengkap.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hiperteks, pembelajaran lanjut, pengajaran sains, struktur ilmu, konstruktivisme.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:17
Last Modified: 15 Jan 2020 08:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24203

Actions (login required)

View Item View Item