Peningkatan kualitas pembelajaran guru fisika melalui teknik peta konsep dan demonstrasi yang tertuang dalam rencana pembelajaran

Pasaribu, Abidin and Syuhendri, Syuhendri and Artadi, Budi and Yeni, Yeni (2002) Peningkatan kualitas pembelajaran guru fisika melalui teknik peta konsep dan demonstrasi yang tertuang dalam rencana pembelajaran. Forum Kependidikan, 22 (1). pp. 1-14. ISSN 0215-9392

[img]
Preview
Text
Peningkatan_Kualitas..._Vol22_No1_th2002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru Fisika. Penelitian ini dilakukan di sekolah mitra SLTP Negeri I Palembang pada siswa kelas l.l dengan jumlah siswa 49 orang. Setelah 3 siklus tindakan, dihasilkan: (a) kualitas guru membuat peta konsep adalah baik, (b) kualitas guru menggunakan peta konsep adalah baik (c) kualitas guru merumuskan dan memilih tujuan pembelajaran khusus yang tepat dengan berbagai jenjang adalah baik, (d)kualitas guru merencanakan dan menggunakan demonstrasi adalah baik, (e) terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa. Guru masih perlu berlatih menyusun konsep semantik (semantic consept), kata-kata penghubung konsep, dan mengaktifkan siswa bertanya-jawab/berdiskusi setelah selesai demonstrasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, peta konsep, demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:17
Last Modified: 15 Jan 2020 08:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24204

Actions (login required)

View Item View Item