KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA (Studi Deskriptif Kualitatif Keterbukaan Diri Anak Remaja Kepada Ibu Berstatus Orang Tua Tunggal Terkait Perilaku Seksual Di Desa Karangtengah Kabupaten Ngawi)

Ardhaneswari, Galuh Yesty (2018) KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA (Studi Deskriptif Kualitatif Keterbukaan Diri Anak Remaja Kepada Ibu Berstatus Orang Tua Tunggal Terkait Perilaku Seksual Di Desa Karangtengah Kabupaten Ngawi). KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA (Studi Deskriptif Kualitatif Keterbukaan Diri Anak Remaja Kepada Ibu Berstatus Orang Tua Tunggal Terkait Perilaku Seksual Di Desa Karangtengah Kabupaten Ngawi). (Submitted)

[thumbnail of galuh_Komunikasi_anak_dan_orang_tua.doc] Text
galuh_Komunikasi_anak_dan_orang_tua.doc

Download (267kB)

Abstract

Keterbukaan diri berperan penting dalam membangun kedekatan serta kepercayaan dalam sebuah keluarga. Terlebih lagi keterbukaan diri terkait perilaku seksual yang dilakukan oleh anak remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterbukaan diri anak remaja kepada ibu berstatus orang tua tunggal terkait perilaku seksualnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu 3 orang remaja perempuan usia 15-19 tahun dan 2 orang remaja laki-laki 15-19 tahun, kelima subjek merupakan anak yang tinggal bersama dengan ibu yang berstatus orang tua tunggal. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara mendalam kepada kelima subjek penelitian. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dengan membandingkan hasil wawancara dengan anak remaja dan orang tua serta data-data yang diperoleh dari jurnal yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan diri terkait perilaku seksual berbeda-beda pada tiap individu. Perbedaan yang menonjol disebabkan adanya perbedaan jenis kelamin antara subjek. Selain itu keterbukaan diri anak kepada ibu berstatus orang tua tunggal terkait perilaku seksual dapat mengurangi kekhawatiran yang dirasakan oleh orang tua serta menambah kepercayaan orang tua kepada anak

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Galuh Yesty Ardhaneswari
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:18
Last Modified: 20 Jan 2020 07:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24540

Actions (login required)

View Item View Item