GAYA HIDUP PENGGUNA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Gaya Hidup Kelas Sosial Menengah Dalam Penggunaan Instagram Stories Di Ruang Cyber)

Sutatik, Sutatik and Wirawanda, Yudha (2018) GAYA HIDUP PENGGUNA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Gaya Hidup Kelas Sosial Menengah Dalam Penggunaan Instagram Stories Di Ruang Cyber). GAYA HIDUP PENGGUNA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Gaya Hidup Kelas Sosial Menengah Dalam Penggunaan Instagram Stories Di Ruang Cyber). (Submitted)

[thumbnail of GAYA HIDUP PENGGUNA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Gaya Hidup Kelas Sosial Menengah Dalam Penggunaan Instagram Stories Di Ruang Cyber)] Text (GAYA HIDUP PENGGUNA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Gaya Hidup Kelas Sosial Menengah Dalam Penggunaan Instagram Stories Di Ruang Cyber))
naskah_publikasi_tatik.docx

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran internet dalam kebidupan masyrakat telah membuat banyak perubahan. Media sosial adalah salah satu perkembangan dari internet. Salah satu media sosial yang paling diminati dan mendapatkan respon paling cepat dibandingkan media sosial yang lainya adalah instagram. Dalam instagram terdapat fitur instagram stories yang dapat digunakan untuk berbagi cerita sehari-hari dalam bentuk foto atau video yang akan tersimpan selama 24 jam. Instagam stories ini juga termasuk bagian dari hyperpersonal communication, yang dimana memiliki efek sedikit berbeda dibanding komunikasi face to face. Dari instagram stories yang dibuat pengguna selain sebagai ajang berbagi informasi atau kesenangan dapat dijadikan sebagai suatu alat untuk menunjukkan kelas sosial seseorang. Ada berbagai macam kelas sosial dalam masyarakat salah satunya adaah kelas sosial menengah. Dengan adanya fitur instagram stories dapat mempermudah seseorang untuk menunjukkan gaya hidupnya dan mempermudah orang lain untuk mengetahuinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup kelas sosial menengah dalam penggunaan instagram stories. Terdapat 5 mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014 Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai objek penelitian yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis data, untuk pengambilan data menggunakan observasi online, dokumentasi dan wawancara semi terstuktur. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dengan adanya fitur instagram stories membuat gaya hidup kelas sosial menengah lebih mudah untuk ditunjukan dan diketahui oleh orang lain.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sutatik Sutatik
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:19
Last Modified: 20 Jan 2020 07:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24571

Actions (login required)

View Item View Item