Alih fungsi bangunan permukiman kolonial ke komersial ditinjau dari peraturan tentang konservasi lingkungan dan bangunan bersejarah

Hanum, Meivirina (2015) Alih fungsi bangunan permukiman kolonial ke komersial ditinjau dari peraturan tentang konservasi lingkungan dan bangunan bersejarah. [Experiment] (Unpublished)

[thumbnail of ALIH_FUNGSI_BANGUNAN_KOLONIAL_-_2012.pdf]
Preview
Text
ALIH_FUNGSI_BANGUNAN_KOLONIAL_-_2012.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam Visi Misi Pemerintah kota Palembang yang salah satunya menjadikan Palembang sebagai Kota Internasional, tentu akan berpengaruh terhadap berbagai aspek Kehidupan dan perkembangan Fisik maupun Non Fisik kota Palembang sendiri, termasuk di dalamnya perilaku masyarakatnya. Dalam Penelitian ini akan dilakukan pengkajian Pengaruh Gaya Hidup ( Life Style ) masyarakat terhadap kesiapan kota Palembang, secara fisik dan non fisik, terutama kawasan dan bangunan Kolonial yang masuk dalam kategori Konservasi, berkaitan dengan Palembang menjadi kota Internasional, mengingat Palembang belum sepenuhnya memberlakukan Perda tentang perlindungan bangunan Kolonial. Sehingga dikhawatirkan akan terjadinya perubahan karakter lingkungan, kawasan maupun bangunan Kolonial, apabila perubahan perubahan yang terjadi tidak ada alat kontrol, sebagai bagian atau mekanisme perubahan maupun pengalih fungsian bangunan tersebut. Tujuannya untuk mengetahui seberapa pengaruh perilaku ( Life Style ) yang dihadirkan oleh kehidupan kota internasional, terhadap Citra dan Karakter suatu Kawasan maupun Bangunan. Sasaran akhir adalah agar jangan sampai terjadi pengalih fungsian dan perubahan secara ilegal dan tanpa kontrol, karena perangkat untuk mekanisme kontrol, belum diberlakukan, serta kepedulian terhadap aset kesejarahan Arsitektur yang tipis. Metode yang akan dipakai adalah melakukan Identifikasi / Komparasi pada Kawasan / Bangunan, dengan Titik Pijak Pada Undang Undang Konservasi, maupun peraturan Daerah terkait pada lokasi obyek penelitian. Metode penelitiannya sendiri menggabungkan antara Diskriptif dan dimungkinkan untuk dukungan secara Analitis. Kata Kunci : Konservasi, Alih Fungsi, Life Style dan Citra / Karakter Kota / Bangunan.

Item Type: Experiment
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA1-9428 Architecture
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:25
Last Modified: 23 Jan 2020 08:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25038

Actions (login required)

View Item View Item