Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Sekolah I Berdasarkan Analisis Kompetensi Dasar Pada Kurikulum SMP

Murniati, Murniati (2011) Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Sekolah I Berdasarkan Analisis Kompetensi Dasar Pada Kurikulum SMP. In: Prosiding Seminar Nasional. Poltek Negeri Sriwijaya, Indralaya. ISBN 978-602-97711-4-5

[thumbnail of Pelaksanaan_kuliah_fisika.pdf]
Preview
Text
Pelaksanaan_kuliah_fisika.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Fisika Sekolah I berada dalam kelompok mata kuliah MKK yang diberikan pada mahasiswa semester III. Sebelum perkuliahan tatap muka kami sebagai pengampu mata kuliah menyusun silabus dan satuan acara perkuliahan. Silabus dan SAP disusun berpedoman pada kurikulum Sekolah Menengah Pertama, dengan memperhatikan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Mahasiswa calon guru fisika di SMP harus lebih menguasai landasan ilmu dan ketrampilan tertentu yang nanti menjadi bekal untuk diberikannya kepada siswa SMP. Menyusun silabus dan satuan acara perkuliahan dengan metode analisis instruksional, menurut Abd. Gafur (1984:46) dapat dilakukan dengan dua langkah sebagai berikut : 1)Langkah pertama ialah menuliskan semua tugas tugas yang harus dilaksanakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. 2)Langkah kedua ialah menyusun daftar tugas secara mendetail dan urut sesuai dengan urutan senyatanya manakala tugas itu dilaksanakan. Analisis instruksional yang dilakukan supaya kemampuan konsep dan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa calon guru fisika di SMP bisa terjadi secara sistematis dan kontinu tanpa ada pengulangan pada setiap tatap muka.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Fisika sekolah I, analisis instruksional
Subjects: Q Science > QP Physiology
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:43
Last Modified: 27 Jan 2020 06:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25362

Actions (login required)

View Item View Item