KOMITMEN PADA DEMOKRASI DAN PROFESIONALISME (Suatu Perspektif Akademik tentang Issue Penetapan Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

Alfatih, Andi (2011) KOMITMEN PADA DEMOKRASI DAN PROFESIONALISME (Suatu Perspektif Akademik tentang Issue Penetapan Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). In: Seminar Kenaikan Pangkat dari Lektor ke Lektor Kepala, 2011, FISIP Unsri Indralaya, Indonesi.

[img]
Preview
Text
cover_10.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Komitmen_Pada_Demokrasi_dan_Profesionalisme.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Makalah ini berkenaan dengan issue penetapan Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yoguakarta.Berdasarkan Bab I pasal 1 ayat 2 UUD 1945 yang telah teramandemen bahwa rakyat memilih secara langsung pemimpin mereka, baik ditingkat nasional, regional maupun local. Namun ternyata hal ini tidak berlaku untuk pemimpin Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Gubernur yang religious merupakan Sultan Yogyakarta. Dari perspektif akademik, hal ini tidak demokratis. Namun, secara historis, situasi ini dapat diterima, baik oleh rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta maupun oleh pemerintah pusat.Ada beberapa keuangan seandainya penetapan Gubernur tersebut menurut kebijakan rational demokratis yang ada. Namun, bila berdasarkan konteks sejarah, hal ini juga memberikan mamfaat yang dapat diterima oleh pemangku kepentingan yang terlibat secara langsung. Jadi walaupun kedua aspek tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun kebijakan yang bijaksanalah yang sebaiknya berlaku.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Penetapan, Pemilihan, Kepala Daerah, Historical context, Democratic Constitutional Context
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 24 Jan 2020 08:21
Last Modified: 24 Jan 2020 08:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25449

Actions (login required)

View Item View Item