?BELAJAR DARI ONGGOKAN NAN TERABAIKAN: Strategi Pemuatan Sejarah Lokal tentang Megalitik Pasemah dalam Materi Pelajaran Sejarah di Sekolah?

Santun, Dedi Irwanto Muhammad (2011) ?BELAJAR DARI ONGGOKAN NAN TERABAIKAN: Strategi Pemuatan Sejarah Lokal tentang Megalitik Pasemah dalam Materi Pelajaran Sejarah di Sekolah? In: Konferensi Nasional Sejarah IX Jakarta 2011, 5-7 Juni 2011, Hotel Bidakara Jakarta, Indonesia.

[thumbnail of Cover__from_Dedi_Irwanto.pdf]
Preview
Text
Cover__from_Dedi_Irwanto.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Makalah Konfererensi Nasional Sejarah.]
Preview
Text (Makalah Konfererensi Nasional Sejarah.)
Dedi_Irwanto.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Secara garis besar tulisan ini mengungkapkan keunikan, kelangkaan, kekayaan benda-benda megalitik Pasemah, sekaligus fungsi dan makna apa yang ada dibalik benda megalitik tersebut. Berbicara tentang benda megalitik, maka kita bicara tentang masa yang telah sangat lampau sekali. Bayangkanlah masa lalu, kemudian tulisanlah, untuk dinarasikan secara tertulisan dan dilisankan. Pengetahuan masyarakat sangat terbatas akan keberadaan benda-benda tersebut, bahkan boleh dikatakan kurang. Ada yang memahami benda megalitik ini sebagai hasil tunggal dari sumpah dan kutukan tokoh legenda Si Pahit Lidah. Sementara pada tataran sekolah menengah, materi tentang masa prasejarah amat minim yang menyinggung tentang magalitik Pasemah ini. Oleh karena itu, keberadaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan tantangan dan peluang bagi calon guru dan guru-guru untuk lebih banyak melakukan pengayaan dengan lebih banyak memberi materi megalitik Pasemah ini kepada siswanya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:30
Last Modified: 23 Jan 2020 08:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25459

Actions (login required)

View Item View Item